Instalasi/Unit | 13 Oktober 2017 09:04

Instalasi Administrasi Logistik (IAL)

Profil

Salah satu kunci kesuksesan rumah sakit dalam meningkatkan aliran material dan persediaan adalah berhasilnya fungsi logistik. Fungsi logistik tidak dipandang lagi sebagai supporting dalam operasi perusahaan, namun sebagai salah satu profit center.Manajemen logistik merupakan aktivitas yang sangat penting dalam rumah sakit karena menjamin ketersediaan pasokan baik untuk obat obatan maupun perlengkapan operasional lainnya pada biaya yang minimum.


Instalasi Administrasi Logistik (IAL) didirikan pada tanggal 07 Maret 2013 berdasarkan SK Direktur Utama RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo No. 3682/TU.K/34/III/2013 dan Nomor 16608/TU.K/34/XII/2013 tentang Sistem Pengelolaan Perbekalan Farmasi RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, merupakan salah satu unit kerja non struktural/fungsional sebagai Pusat Biaya, di dalam organisasi RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo berada dibawah Direktur Umum & Operasional, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pelayanan logistik farmasi, bahan makanan, teknik, rumah tangga & perlengkapan serta administrasi & keuangan yang optimal meliputi perencanaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian serta pengawasan sesuai prosedur.


IAL dipimpin oleh Kepala Instalasi, dalam menjalankan tugas dibantu oleh Kepala sub Administrasi dan Keuangan , Kepala Sub Logistik Farmasi dan Kepala Sub Logistik Umum, dengan total pegawai sebanyak 38 orang, terdiri dari Apoteker 2 orang, Asisten Apoteker14 orang, Sarjana Ekonomi 2 orang, akuntan 4 orang, pengadministrasi umum 9 orang dan pekarya / porter 7 orang.


Dalam pelaksanaannya Instalasi Administrasi Logistik (IAL) melakukan system kendali dan monitoring terhadap logistik perbekalan farmasi dan logistik non farmasi diseluruh lini di RSCM dengan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap beberapa hal yang terkait dengan manajemen logistik antara lain perencanaan, analisa kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi atas laporan pemakaian. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah IAL melakukan analisa terhadap anggaran yang diberikan dengan perencanaan dan realisasi belanja atas kebutuhan sehingga bisa menjadi kendali biaya sehingga bisa menekan isu atas ketersediaan kebutuhan logistik di RSCM.


Sistem kendali merupakan bagian dari Sistem Supply Chain Management yang beranggotakan beberapa Unit kerja yang terkait dengan alur supply yang ada antara lain Instalasi Farmasi, Bidang Pelayanan Medik, Bagian Anggaran, Bagian Akuntansi, Bagian Perbendaharaan dan SPI yang dengan adanya Tim Supply Chain Management ini diharapkan alur atas kendali Logistik tercipta dengan baik di RSCM bukan hanya mengedapankan pelayanan yang menyetujui semua permintaan kebutuhan yang ada yang bersiko mengakibatkan over stock, iddle stock yang potensi merugikon RSCM namun IAL juga mempunyai peranan yang strategis dengan mengendalikan biaya yang ditimbulkan oleh pelayanan.


Instalasi Administrasi Logistik saat ini mengembangkan Diklat internal Manajemen Logistik di RSCM agar seluruh komponen SDM yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan logistik di RSCM mengetahui terhadap tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan serta risiko terhadap tanggung jawab tersebut, sehingga dalam pelaksanaanya logistik benar-benar dikelola secara professional dan akuntabel oleh karena menyangkut pertanggung jawaban terhadap asset Negara.
Selain Diklat Internal, IAL juga akan mengembangkan Diklat Ekternal dengan harapan hal yang sama bisa ditularkan ke RS lain dengan menyesuai kondisi dan lingkungan kendali di RS masing-masing.

 

Visi

Mewujudkan manajemen Logistik yang efektif, efisien dan akuntabel untuk memberikan pengalaman istimewa kepada pelanggan.

 

Misi

  1. Menjamin ketersediaan logistik rumah sakit yang tepat kualitas dan kuantitas dengan dasar efisiensi.
  2. Memberikan pelayanan logistik yang cepat, tepat dan akurat.
  3. Menjalankan sistem manajemen Logistik yang profesional yang efektif, efisien dan akuntabel.
  4. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul.
  5. Menjadi tempat pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan pelayanan logistik rumah sakit.
  6. Mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif

 

Tata Nilai

  1. Logistik atau persedian merupakan faktor terpenting dalam mendukung pelayanan pasien di RSCM oleh karena itu manajemen pengelolaan logistik mutlak harus dikelola dengan baik untuk menjamin keberlangsungan pelayanan yang berorientasi terhadap pasien.
  2. Manajemen pengelolaan logistik yang baik sangat diperlukan guna menjamin ketersediaan sesuai dengan perencanaan dan pengadaan secara efektif, efisien dan akuntable.
  3. Pendidikan dan pelatihan sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi SDM guna menjamin terlaksananya manajemen logistik yang baik.

 

Waktu Pelayanan

  1. Gudang Farmasi Pusat:

Senin s/d Jum’at: 08.00 WIB s/d 20.00 WIB
Sabtu: 08.00 WIB s/d 15.30 WIB

  1. Gudang Gas Medis:

Senin s/d Minggu buka 24 Jam

  1. Gudang Logistik Umum (untuk unit cost centre):

Senin s/d Jum’at: 08.00 WIB s/d 15.30 WIB

 

Struktur Organisasi Instalasi Administrasi Logistik

Fasilitas Instalasi Administrasi Logistik

  • Gudang Farmasi Pusat

  • Gudang Penyimpanan Obat Injeksi

  • Gudang Penyimpanan Bahan B3

  • Gudang Penyimpanan Logistik Umum

  • Office Instalasi Administrasi Logistik

Kegiatan Instalasi Administrasi Logistik

  • Supervisi Direktur Utama RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo

  • Kontrak Kinerja IAL 2017

  • Sosialisasi Stock Opname

  • Stok Opname Gudang Farmasi Pusat

  • Family Gathering IAL 2017

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.