Pendidikan | 15 Nopember 2017 11:18

Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB)

KOMITE ETIK DAN HUKUM RSCM

Salam RSCM.

Setelah pekan Orientasi pada awal tahun ini, maka kali ini kita bertemu kembali dalam acara Bulan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) di bidang Etik dan Hukum. Etik dan Hukum adalah bagian dari materi Humaniora Kedokteran yang merupakan salah satu pilar Ilmu Kedokteran. Ketiga pilar Ilmu Kedokteran yang lain adalah Biomedik, Kedokteran Masyarakat, dan Kedokteran Klinik.


Dalam PKB Etik dan Hukum ini Anda menerima 3 materi dan beberapa lampiran berupa buku Kodeki, buku Kodersi, pedoman perilaku rscm (Code of Conduct) dan berbagai Permenkes di bidang rekam medis, persetujuan tindakan kedokteran, rahasia kedokteran, sistem rujukan, penentuan kematian dan pemanfaatan organ donor, standar pelayanan kedokteran, kewajiban rumah sakit dan kewajiban pasien, keselamatan pasien.


Ke-tiga materi tersebut adalah bio-etika (termasuk etika kedokteran dan etika rumah sakit), pedoman perilaku (code of conduct) dan hukum kedokteran. Dalam masing-masing materi disertai tugas berupa Multiple Choice Question sebanyak 20 soal untuk dikerjakan. Dalam mengerjakan tugas Anda bebas melakukan diskusi dengan teman sejawat atau diskusi dengan anggota KEH RSCM.  Jawaban soal tersebut agar dapat diserahkan ke Komite Etik dan Hukum paling lambat tanggal 23 November 2017, melalui email kom.etikhukum@yahoo.com

Selamat bekerja.

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.