Laporan Rumah Sakit | 12 Februari 2018 09:36

Analisis Hasil Survei Kepuasan Masyarakat RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo Desember 2017

HASIL ANALISIS PARETO SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT

TAHUN 2017

GRAFIK: 1

Pada umumnya kepuasan masyarakat terhadap RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo terdiri dari berbagai jenis unsur pelayanan yang berjumlah 14 (empat belas) unsur. Berbagai unsur pelayanan ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Sehingga, untuk mengetahui unsur pelayanan yang perlu mendapatkan prioritas dapat menggunakan analisis ABC.

Metode ini menggunakan Pareto Analysis, yang menekankan bahwa sebagian kecil dari unsur - unsur pelayanan yang terdapat dalam kepuasan masyarakat terhadap RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo mempunyai nilai pelayanan yang cukup besar yang mencakup lebih 60% dari seluruh nilai pelayanan dari semua unsur pelayanan.

 

Analisis ABC tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Unsur pelayanan yang termasuk kategori A adalah unsur pelayanan dengan nilai rata - rata tertinggi yaitu Keamanan pelayanan dan Tanggungjawab petugas pelayanan. Dimana kedua unsur ini merepresentasikan 70% hingga 80% dari total keseluruhan kepuasan masyarakat terhadap semua unsur pelayanan yang ada di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Tahun 2017.
  2. Kategori B adalah untuk unsur - unsur pelayanan yang memiliki nilai rata - rata menengah yaitu Kemampuan petugas pelayanan dan Kewajaran biaya pelayanan. Unsur - unsur pelayanan ini merepresentasikan sekitar 30% kepuasan masyarakat dan 15% hingga 25% dari total keseluruhan kepuasan masyarakat terhadap semua unsur pelayanan yang ada di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Tahun 2017.
  3. Kategori C adalah unsur - unsur pelayanan yang memiliki nilai rata - rata  terendah yaitu Keadilan mendapatkan pelayanan, Prosedur pelayanan, Kecepatan pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kenyamanan lingkungan, Kepastian biaya pelayanan, dan Kepastian jadwal pelayanan. Kejelasan petugas pelayanan yang mungkin hanya merepresentasikan 5% dari nilai rata - rata kepuasan masyarakat tetapi sekitar 55% dari total keseluruhan unsur pelayanan.

Berdasarkan grafik di atas, persentase tidak terlihat perbedaan signifikan pada masing - masing unsur pelayanan, akan tetapi pada sort nilai rata – rata perbedaan tersebut bisa diamati secara jelas, sehingga hasil analisis pareto interval pada setiap unsur mempunyai besaran interval yang hampir sama nilainya.

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.