Departemen | 19 Juni 2017 09:26

Departemen Akupuntur

 

Di Indonesia akupunktur mulai dikenal pada institusi kesehatan formal dengan ditetapkannya RS Dr Cipto Mangunkusumo oleh Menteri Kesehatan sebagai Pilot Proyek Penelitian dan Pengembangan Ilmu Akupunktur oleh Departemen Kesehatan pada tahun 1963. Pendidikan Ilmu Akupunktur diberikan oleh tim pengajar Dokter Ahli Akupunktur RRC yang pada waktu itu mengobati Presiden Sukarno kepada para dokter dari berbagai bagian FKUI/RSCM (a.l. Penyakit Dalam, Saraf, Anak, THT, dll). Untuk memberikan pelayanan akupunktur kepada masyarakat kemudian dibentuk Sub Bagian Akupunktur Bagian Penyakit Dalam FKUI/RSCM dengan dipimpin oleh Prof. Dr. Oei Eng Tie. Selanjutnya berkembang menjadi Bagian Akupunktur, saat ini menjadi Departemen Akupunktur. Sebagai salah satu Departemen Medik di RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Departemen Akupunktur memberikan pelayanan maupun konsultasi dengan berdasarkan prinsip medic dan evidence based.

Terapi dengan alat laser multilead
Sejak tahun 1967 Departemen Kesehatan mengirimkan dokter-dokter dari instansi pemerintah dan swasta untuk mengikuti pendidikan keahlian akupunktur di RSCM. Pada tahun 2003 dalam Muktamar IDI XXV ditetapkan bahwa Dokter Ahli Akupunktur lulusan RSCM setara dengan dokter spesialis lainnya. Kolegium Kedokteran Indonesia telah menetapkan pula adanya Dokter Spesialis Akupunktur Medik dengan singkatan Sp.Ak.

  • Akupunktur Umum
  • Akupunktur Kecantikan/ Estetika
  • Elektrostimulator
  • TDP
  • Laserpunktur
  • Neurometer
  • Ultrasound
  • Tanam Benang

Waktu Pelayanan :

Buka : Setiap Hari Kerja
Pendaftaran : Pk. 08.00 - 11.30

 

Lokasi Poliklinik Akupunktur :

Gedung Poliklinik RSCM Lt. 3.
Jl. Diponegoro No. 71. Jakarta Pusat - 10430.

Telp/Fax : 021 - 3918470.

Dr. Adiningsih Srilestari, M.Epid., M. Kes., Sp.Ak(K)

Kepala Departemen & Staf Medis Akupunktur

Lihat Profil >>

 

Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, Sp. Ak

SPS Prodi Akupunktur Medik & Staf Medis Akupunktur

Lihat Profil >>

 

Dr. Hasan Mihardja, M.Kes, Sp. Ak (K)

Koordinator Pelayanan Masyarakat & Staf Medis Akupunktur

Lihat Profil >>

 

Dr. Christina Simadibrata,M.Kes, Sp. Ak(K)

Koordinator Penelitian, Pendidikan & Staf Medis Akupunktur

Lihat Profil >>

 

Departemen Medik Akupunktur RSCM telah melakukan tindakan cat gut embedding dari tahun 2012 sampai dengan juli 2015 sebanyak  720  kasus untuk menangani kasus pain, gangguan respirasi (asma dan PPOK), gastrointestinal, dan sindrom metabolik dengan pencapaian keberhasilan terapi mencapai 80%.

Layanan Unggulan: Pengelolaan Nyeri, Obesitas dan Infertilitas, paliatif care, dengan moda terapi jarum, laserpunktur, elektroakupunktur, cat gut embedding.

 

Program Pendidikan Profesi Dokter Spesialis 1 Akupunktur Medik telah dirintis di RSCM sejak tahun 1967 dalam bentuk hospital-based. Sejak tanggal 17 juni 2011 program studi ini secara resmi diselenggarakan di bawah naungan FKUI sesuai surat keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 1289/SK/R/UI/2011 tentang Izin Penyelenggaraan Program Pedidikan Dokter Spesialis-1 Program Studi Akupunktur Medik Fakultas Kedokteran UI. Akupunktur Medik yang diajarkan adalah ilmu akupunktur kedokteran yang berlandaskan biomedik dan evidence-based medicine serta dapar diintregasikan dengan penanganan yang dilakukan dokter dari displin lmu lain.

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.