Departemen | 20 Juni 2017 12:53

Departemen Ilmu Penyakit Dalam

 

Tentang Kami

Ilmu Kedokteran pada dasarnya adalah ilmu yang utuh dalam memahami penyakit pada manusia dan upaya mengatasi penyakit-penyakit pada manusia tersebut. Di dalam perkembangannya Ilmu Kedokteran menjadi semakin meluas dan mendalam, sehingga kemampuan untuk menguasainya secara utuh tidaklah mungkin lagi. Terjadinya percabangan dari ilmu kedokteran, pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu ilmu kedokteran bedah dan ilmu kedokteran medik. Kemuadian terbagi lagi menjadi cabang bedah, anak, kebidanan-kandungan serta penyakit dalam.

Ilmu penyakit Dalam adalah ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa, meliputi penyakit-penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia. Di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/ RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo, Departemen Ilmu Penyakit Dalam terdiri atas 12 Divisi, yaitu Alergi Imunologi, Gastroenterologi, Geriatri, Ginjal Hipertensi, Hematologi Onkologi Medik, Hepatobilier Kardiologi, Metabolik Endokrin dan Diabetes, Psikosomatik, Pulmonologi, Reumatologi, dan Penyakit Tropik Infeksi.

 

Visi

Menjadi Pusat Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian Ilmu Penyakit Dalam yang unggul, bertaraf internasional dan mampu memberikan infinite experience kepada stakeholders kunci

 

Misi

  • Memberikan pelayanan kesehatan di bidang Ilmu Penyakit Dalam secara paripurna dan bermutu.
  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang Ilmu Penyakit Dalam berbasis riset.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian Ilmu Penyakit Dalam yang bertaraf internasional.
  • Menciptakan sistem manajemen Departemen Ilmu Penyakit Dalam yang transparan, akuntabel, responsibel, independen, terintegrasi, dan berkeadilan.

 

Sasaran Strategis

  1. Terwujudnya kepuasan stakeholder
  2. Terwujudnya pelayanan, pendidikan dan riset yang ekselen
  3. Terwujudnya cost-containment dalam pendidikan, layanan dan riset
  4. Terakreditasi internasional
  5. Terwujudnya sistem jaringan pelayanan dan pendidikan menuju RSCM FKUI sebagai acute tertiary care
  6. Terwujudnya pusat unggulan riset, pelayanan dan pendidikan yang terintegrasi
  7. Terwujudnya sistem tata kelola dan penjaminan mutu ditingkat unit kerja
  8. Terwujudnya RSCM-FKUI to be the best place to work
  9. Terwujudnya budaya menolong dan berkinerja

 

Pada tahun 1950 sampai tahun 1955 Bagian Ilmu Penyakit Dalam dipimpin oleh Prof. Aulia (lulusan Stovia 1913). Waktu itu anggota staf Bagian ini masih sedikit, diantaranya adalah Prof. R.D Asikin Widjajakusumah (guru besar), Dr. Oei Eng Tie (Lektor), Dr. Lie Kioeng Foei (Dokter Depkes), Dr. Bert Djauhar (kemudian pindah ke Bagian Bedah), Dr. Bahder Djohan, Dr. A. Ramali (mengepalai poliklinik infeksi) dan dokter-dokter yang bertugas di klinik yaitu Dr. Kusumasudjana (Depkes), Dr. Sagaf (Depkes), Dr. R. Karmawan (Depkes). Poliklinik Penyakit Dalam waktu itu terletak di kamar 15, 16, dan 17 (yang saat ini digunakan untuk kegiatan mahasiswa dan pasca sarjana). Barulah antara tahun 1951 – 1953 terdapat beberapa tambahan tenaga staf yaitu: Dr. Rasmin Rasjid (sekarang Prof), dr. ANS Kamarga, dan dr. Utojo Sukaton (sekarang Prof). Untuk perawatan penderita tersedia  beberapa ruangan. Barak A yang berkapasitas 48 tempat tidur dikepalai oleh dr. Bert Djauhar kemudian diganti oleh dr. Utojo Sukaton, sedangkan ruang H3 dikepalai oleh dr. Lie Kioeng Foei.

Tahun 1950 merupakan peralihan setelah penyerahan kedaulatan dari  Belanda ke pemerintah Republik Indonesia. Setelah penyerahan kedaulatan ini terbuka kesempatan lebih luas untuk mengembangkan Ilmu Penyakit Dalam dengan kekuatan sendiri. Ketika Prof. Aulia menjadi kepala bagian, ia berusaha memperlihatkan bahwa para dokter Indonesia meski dengan peralatan yang sederhana dapat mengembangkan diri tanpa bergantung kepada dokter Belanda. Masalah kesehatan yang dihadapi pada masa itu, sudah tentu berbeda dengan sekarang. Jenis obat yang tersedia masih sedikit. Laboratorium untuk menunjang diagnosis dan alat kedokteran lain masih sederhana dan  jumlahnya pun terbatas diantaranya adalah: fluoroskopi (CB Paru). Elektrografi dan alat pengukur Basal Metabolisma Rate (BMR).  

Meskipun dengan jumlah tenaga yang terbatas dan peralatan sederhana tapi karena tekad yang kuat untuk membangun bangsa maka prestasi kerja yang dihasilkan cukup tinggi. Para anggota staf bagian Ilmu Penyakit Dalam mengerahkan tenaga dan waktu untuk membangun bagian, baik dari segi pendidikan maupun pelayanan kesehatan. Bahkan bidang penelitian berjalan dengan cukup baik. Beberapa hasil penelitian di bagian Ilmu Penyakit Dalam berhasil dipublikasikan di majalah internasional seperti JAMA (Journal of American Medical Association).

Semasa Prof. Aulia menjadi kepala bagian ada beberapa cabang bagian ilmu penyakit dalam seperti pulmonologi, kardiologi, infeksi, dan psikosomatik yang telah berkembang sesuai dengan tuntutan masalah kesehatan waktu itu. Sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan pelayanan masyarakat maka perkembangan ilmu penyakit dalam semakin meluas sehingga terbentuklah divisi-divisi seperti dikenal sekarang ini. Perkembangan masing-masing divisi dalam lingkungan ilmu penyakit dalam merupakan motor perkembangan departemen.

 

Departemen Ilmu Penyakit Dalam memiliki 16 jenis pelayanan unggulan yang sudah berjalan maupun dalam tahap pengembangan, yaitu:

  1. Poliklinik Kaki Diabetik
  2. Pelayanan Endoskopi Saluran Cerna
  3. Pusat Geriatri Nasional
  4. Aferesis Terapeutik
  5. Transplantasi Sumsum Tulang
  6. Klinik Thalassemia Dewasa
  7. Transplantasi Ginjal
  8. Palliative Care
  9. Penyakit Tropik dan Infeksi
  10. Khemoterapi
  11. Radiofrequency Ablation u/ Hepatoma
  12. Alergi obat dan Anafilaktik
  13. Pembuluh Darah Perifer
  14. Pelayanan Endobroncial Bronchoscopy Ultra Sonography (EBUS)
  15. USG Muskuloskeletal
  16. Ruang Prosedur Terpadu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi : Gedung Departemen IPD
Fax: 021-3918301-20

Pesawat : 2743(Tata Usaha)

3200 (Ko. Pelayanan Medik)

3314 (Ko. Pendidikan S-1)

3318 (Ko. Pendidikan Sp-1)

3328 (Ko. Pendidikan Sp-2)

3303 (Ko. Penelitian)

Telp : (021) 319-30956, 392-7676
SMS : +6281511868333

Email : ipdfkui@gmail.com
Website : http://www.internafkui.or.id/

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.