Departemen | 20 Juni 2017 13:38

Departemen Mikrobiologi Klinik

 

Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia (Micro-UI), Jakarta, adalah departemen yang bertanggung jawab untuk mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang mikrobiologi. Micro-UI tidak hanya terlibat dalam mikrobiologi klinik, tetapi juga dalam berhubungan medis mikrobiologi pangan, mikrobiologi lingkungan, mikrobiologi dasar, serta studi tentang berbagai macam penyakit menular yang masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Micro-UI diakui kalangan fakultas kedokteran Indonesia sebagai departemen luar biasa, dalam hal fasilitas penelitian kelembagaan dan ketersediaan ilmuwan kualifikasi sangat baik. Sebagai pusat pembangunan di mikrobiologi medis, Micro-UI tidak hanya mendapatkan reputasi nasional, namun keberadaannya juga diakui secara internasional.

Dan sejak November 2011, Departemen Mikrobiologi telah diresmikan sebagai salah satu Ciptomangunkusumo Rumah Sakit Departemen, yaitu sebagai Medis Departemen Mikrobiologi Klinik. Mudah-mudahan yang pelantikan ini akan mendorong peran laboratorium mikrobiologi klinik di rumah sakit lain.

 

Pelayanan laboratorium mikrobiologi klinik (LMK) merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi Departemen Mikrobiologi FKUI/RSCM yang telah dimulai sejak tahun 1960-an untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dalam diagnosis dan tatalaksana penyakit infeksi. Melalui kegiatan LMK,Departemen Mikrobiologi FKUI-RSCM (LMK FKUI-RSCM) telah melakukan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri, terutama dalam mendukung keberhasilan program pemerintah di bidang kesehatan. Pelayanan LMK FKUI-RSCM telah mendapatkan ijin operasional sebagai Laboratorium Khusus Mikrobiologi Klinik dengan Surat Keputusan Dirjen Bina Upaya Kesehatan No. HK.02.03/I333/2015.

Layanan yang diberikan LMK FKUI-RSCM meliputi:

  • Pemeriksaan mikroskopik bakteri danjamur;
  • Biakan bakteri aerob, fastidious (yang sulittumbuh), anaerob, dan uji kepekaannya
  • Biakan jamur dan uji kepekaannya
  • Serologi penyakit infeksi
  • Pemeriksaan molekuler untuk mendeteksi DNA atau RNA bakteri, jamur, dan virus
  • Pemeriksaan mikrobiologi makanan, minuman, dan lingkungan
  • Penelitian di bidang penyakit infeksi dengan metode yang tidak rutin dilakukan (berdasarkan kebutuhan)

Layanan unggulan LMK FKUI-RSCM adalah pemeriksaan M.tuberculosis (penyebab TB) molekuler. Laboratorium tuberculosis kami telah ditunjuk sebagai Laboratorium Rujukan Tuberkulosis Nasional untuk Penelitian Operasional Tuberkulosis, Pemeriksaan Molekuler, Serologi dan MOTT berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI No 1909/MENKES/SK/IX/2011 dan telah terlibat dalam berbagai kegiatan dalam rangka penanggungan TB di Indonesia. Pengendalian kualitas pemeriksaan dijamin dengan keikutsertaan kami dalam Program Pemantapan Mutu Eksternal Mikroskopik TB baik untuk pemeriksaan mikroskopik BTA dan uji kepekaan obat antituberkulosis lini pertama dan kedua pada media cair dan padat.

Gambar 1. Laboratorium Tuberkulosis Departemen Mikrobiologi

 

Layanan unggulan Departemen Mikrobiologi lainnya adalah pemeriksaan molekuler. LMK FKUI-RSCM menyelenggarakan pemeriksaan molekuler untuk memenuhi tuntutan klinisi yang memerlukan hasil cepat dan tepat, yang berguna dalam tatalaksana pasien.
Pemeriksaanmolekulerreal-time PCR (Polymerase Chain Reaction) yang tersedia antara lain RT-PCR M.tuberculosis; Streptococcus pneumoniae;  Haemophilusinfluenzae; Bordetella pertussis; M.leprae; Leptospira; Pneumocystis jirovecii; berbagai virus seperti CMV, VZV, HPV; RT-PCR Duplex Chlamydia trachomatis-Neisseria gonorrhoeae; RT-PCR Duplex EBV-Toxoplasma, dan lain-lain. Hasil pemeriksaan molekuler real-time dapat diperoleh dalam waktu tiga hari kerja.

 

Gambar 2. Mesinreal-time PCR

Hasil pemeriksaan mikrobiologi yang berkualitas tidak terlepas dari pengelolaan sampel yang berkualitas pula. Komunikasi yang baik antara LMK FKUI-RSCM dengan klinisi pengirim specimen sangat dibutuhkan pada fasepra-analitik untuk memastikan spesimen yang diperiksa tepat dan  berkualitas serta pasca-analitik untuk menjamin bahwa interpretasi dan ekspertis yang diberikan oleh SpMK dapat menjadi dasar tatalaksana dengan mengutamakan patient safety.

Bila terdapat pertanyaan mengenai pengambilan specimen atau sampel atau pun tentang hasil pemeriksaan klinisi dapat menghubungi LMK Departemen Mikrobiologi FKUI-RSCM melalui telepon (021) 3160491-2, (021)31922850, 081316896984, fax ke (021) 3100810, atau melalui surat elektronik lmk.fkui.rscm@gmail.com.

Kami yakin bahwa dengan berbagai layanan yang dilakukan dengan mengutamakan kualitas, maka LMK Departemen Mikrobiologi FKUI-RSCM siap memainkan perannya sebagai mitra klinisi dalam tatalaksana kasus infeksi, pencegahan resistensi antimikroba, serta pengendalian dan pencegahan infeksi di rumah sakit.

Untuk melihat info lengkap mengenai Laboratorium Mikrobiologi Klinik , silakan klik DISINI

 

Address :

Department of Microbiology, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia
Jl.Pegangsaan Timur 16, Cikini, Central Jakarta
Jakarta 10320 - Indonesia

Phone:
+62-21-3160491/31604912

+62-21-31922850 (laboratory)

+62-813-16896984 (laboratory)

 

Fax:
     +62-21-3100810

 

Email:
     mikrobiologi.fkui@yahoo.com
     lmk.fkui.rscm@gmail.com

 

Website:
www.mikrobiologi-fkui.net

 

No

Name

Title

1.

PratiwiSudarmono

Prof, MD, PhD, SpMK

2.

AgusSyahrurachman

Prof, MD, PhD, SpMK

3.

Amin Soebandrio

Prof, MD, PhD, SpMK

4.

T. MirawatiSudiro

MD, PhD

5.

Fera Ibrahim

MD, MSc.,PhD, SpMk

6.

Mardiastuti H. Wahid

MD, MSc, SpMK

7.

AnisKaruniawati

MD, DSe, SpMK

8.

BudimanBela

MD, SpMK

9.

YevaRosana

MD, M.Biomed, SpMK

10.

Conny Riana T.

Dra., M.Biomed., DMM

11.

AriyaniKiranasari

Dra., DMM, M.Biomed

12.

IkaNingsih

Dra., DMM, M.Biomed

13.

Andriansjah

S.Si., M.Biomed.,PhD.

14.

BetiErnawatiDewi

Dra., PhD

15.

AndiYasmon

S.Pi., M.Biomed, DR.

16.

Yulia Rosa Suharman

MD, SpMK

17.

Fithriyah

M.Biomed, PhD.

18.

DellyChipta Lestari

MD, Sp.MK

19.

ArdianaKusumaningrum

MD, Sp.MK

20.

AngkyBudianti

MD, Sp.MK

21.

Dimas SetoPrasetyo

MD, Sp.MK

 

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.