Bahasa (ID)

Transplantasi Ginjal

Transplantasi Ginjal

 

 

Ginjal merupakan organ untuk membuang racun atau zat sisa tubuh  melalui urin, mengatur keseimbangan air, keasaman darah, tekanan darah, dan sumber beberapa hormon, termasuk hormon yang memproduksi sel darah merah. Angka kejadian gagal ginjal mencapai lebih dari 10% populasi dunia dan paling besar dialami oleh orang yang juga menderita diabetes dan hipertensi.

 

Transplantasi ginjal sebagai salah satu pilihan terapi pengganti ginjal telah dipelopori sejak tahun 1977 oleh Almarhum Prof. Sidabutar di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Saat ini kegiatan transplantasi ginjal telah dilakukan secara rutin di RSCM. Selama tahun 2013 RSCM telah melakukan lebih dari 50 tindakan transplantasi ginjal termasuk transplantasi ginjal pada anak. Gambaran harapan hidup yang semakin meningkat dibandingkan hemodialisis mendorong pelaksanaan transplantasi ginjal di Indonesia menjadi lebih banyak lagi.

 

Di RSCM, transplantasi ginjal dilakukan secara multidisiplin. Penatalaksanaan transplantasi ginjal tidak hanya mempertimbangkan masalah medis saja, tetapi juga memperhatikan masalah etika, hukum, dan aspek kejiwaan pasien baik donor dan resipien. Biaya yang diperlukan untuk transplantasi ginjal sekitar Rp.350.000.000 untuk kondisi tanpa komplikasi. Walaupun memerlukan biaya yang cukup besar, transplantasi ginjal tetap banyak diminati oleh pasien karena harapan hidup yang tinggi dan kualitas hidup yang lebih baik.