Bahasa (ID)

RSCM Kirana

 

 

WORLD CLASS HOSPITAL RSCM KIRANA

 

Departemen mata atau RSCM KIRANA merupakan salah satu departemen yang ada di FKUI-RSCM yang menangani permasalahan kesehatan mata dan merupakan institusi penyedia jasa pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan mata.

 

RSCM KIRANA sebagai pusat pelayanan, pendidikan dan penelitian spesialistik Ofthalmologi yang berskala internasional dan dalam pelaksanaannya menerapkan prinsip Good Governance, dengan system tata kelola organisasi modern yang efektif dan efisien. RSCM KIRANA dirancang untuk dapat menjadi suatu Center of Excellence (CoE) yang didalamnya terdapat:

1.    Pelayanan klinis mutakhir untuk seluruh tingkat masyarakat disertai dengan pelayanan dokter spesialis mata.

2.    Pecndidikan dan pelatihan

3.    Riset klinis dasar dan komprehensif

4.    Rehabilitasi dan optimalisasi penglihatan

5.    Pengembangan produk

6.    Pengembangan kebijakan komunitas

7.    Pelayanan swasta sebagai upaya subsidi silang

 

Dengan desain tersebut Mata FKUI-RSCM diharapkan dapat mencapai visinya untuk menjadi pusat oftalmologi terbaik di Indonesia pada tahun 2015 dan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2016. Hal ini didukung dengan misi Departemen Mata-FKUI-RSCM untuk :

1. Menyelenggarakan pelayanan mata bermutu tinggi dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, baik pasien tidak mampu maupun pasien mampu.

2.  Memberikan pendidikan oftalmologi bermutu internasional.

3. Menyelanggarakan penelitian yang mampu memberikan kontribusi pada pemecahan masalah oftalmologi di tingkat nasional dan internasional.

 

 

 

Pelayanan

 

a. Pelayanan rawat jalan : Poliklinik mata terdiri dari :

 

Poliklinik anugerah

mempunyai arti; klinik tersebut disubsidi oleh pemerintah dan merupakan anugerah terhadap pasien tidak mampu, pelayanan rawat jalan di poliklinik Anugerah dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat dari jam 08.00-15.30, pendaftaran buka dari jam 08.00 sampai jam 12.00 untuk hari Senin sampai Kamis, untuk Jumat pendaftaran dari jam 08.00-11.00. Setiap hari pasien sebanyak 200-350 orang. Rawat jalan anugerah memiliki  10 ruang konsultasi, ruang diagnostik dan ruang tindakan.Ruang poliklinik memiliki peralatan standard yang sama untuk bisa melayani seluruh jenis penyakit mata. Residen mata Tk. IV  menangani poliklinik umum.Residen mata Tk. II dan III berada di poliklinik divisi melayani pasien dibawah supervisi dokter spesialis mata. Alat diagnostik yang tersedia biometri, perimetri humphrey, imaging retina, foto fundus dan laser retina serta glaukoma.Poliklinik ini melayani pasien Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat), KJS (kartu Jakarta Sehat), GAKIN (Keluarga Miskin), SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), Askes sosial dan layanan umum dengan biaya rendah, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi (021) 31902883 ext 104.

 

Poliklinik citra

Mempunyai arti meningkatkan image RSCM yang merupakan rumah sakit rujukan nasional dengan fasilitas prima dengan SDM yang kompeten. Poliklinik Citra memberikan pelayanan eksekutif dengan biaya administrasi yang bersaing dengan rumah sakit swasta. Poliklinik Citra berada di lantai 5 RSCM KIRANA, pelayanan buka dari hari senin sampai jumat, pendaftaran dari jam 08.00. Poliklinik citra di layani oleh dokter spesialis /subspesialis mata. Terdapat 4 poliklinik dengan 1 layanan lasik terbaru. Alat diagnostik tersedia menggunakan alat diagnostik canggih, dengan fasilitas unggulan kelainan refraksi (lasik, topografie kornea), katarak (IOL master), glaukoma (perimetri humphrey) dan retina (Imaging retina, foto fundus), untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (021) 31902883 ext 501 SMS 085281039464.

 

Lasik Center

Merupakan salah satu metode koreksi kelainan refraksi (rabun dekat, rabun jauh, silinder) yang paling populer di dunia. Dengan prosedur singkat (sekitar 10 menit/ mata) dan tanpa rasa nyeri, Lasik mampu memberikan solusi optimal pada masalah penglihatan anda. W Lasik di RSCM KIRANA menggunakan mesin laser Femto (FS 200) dan Excimer Laser WaveLight (EX 500) memberikan waktu ablasi yang cepat ablasi hanya 1,4 detik per diopter, memberikan hasil yang konsisten.

 

b. Pelayanan kamar bedah

· Terdapat 5 kamar bedah dengan 6 tempat tindakan bedah dengan dilengkapidengan peralatan/sistem monitor yang lengkap.

·  Kamar bedah memberikan pelayanan kepada pasien yang membutuhkan tindakan pembedahan. Kamar bedahmemberikan pelayanan yang cepat, tepat,dan akurat dengan mengutamakan keselamatan pasien.

·  Alat medis: 4 mikroskop operasi mata, 3 mesin fakoemulsifikasi, 2 mesin retina serta retcam dan endolaser retina

·  Unggulan bedah adalah bedah katarak, retina, glaukoma

·  Kamar bedah melayani pasien Jamkesmas, KJS, GAKIN, Askes sosial dan  layanan umum dengan biaya rendah.

·  Pasien eksekutif juga melakukan operasi dikamar bedah RSCM Kirana dengan akomodasi yang berbeda.

 

 

c. Pelayanan rawat inap

·  Terdapat 12 tempat tidur dengan 2 ruangan kelas 3, 1 tempat tidur isolasi, 1 tempat tidur anak kelas 2, 2 tempat tidur kelas 2, 1 kamar VIP, 1 kamar VVIP, 1 tempat tidur ODC (One Day Care).

 

 

ALAMAT

 

Alamat :
RSCM Kirana - Departemen Medik Mata FKUI Jl. Kimia No.8 Jakarta Pusat


Telp : (021) 31902885
Fax : (021) 31934878
E-mail : JLIB_HTML_CLOAKING
Website : http://www.mata-fkui-rscm.org